Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Berbagai Aplikasi Internet


Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Berbagai aplikasi internet tersebut antara lain :
*      World Wide Web (www)
www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML). HTML mampunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yang dibuat dengan menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersenut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.
*      Electronic Mail (E-Mail)
Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat alam bentuk elektronik. Melalui email kita dapat bercerita, mengirimkan pesan, file dokumen, gambar, dan sebagainya. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat mengirimkan surat melalui email ke seluruh dunia dengan biaya yang murah, karena kita hanya harus terhubung ke internet. Karena komunikasi melalui internet dilakukan dengan sangat cepat, maka email yang kita kirim akan smpai dengan cepat pula, yakni sesaat setelah dikirim.
*      Mailing List (Milis)
Mailing List atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi dengan sesama anggota kelompok.
*      Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut. Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, dapat berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). 
*      Internet Relay Chat (IRC)
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan engan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada temna chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks. Saat ini bebrapa layanan chatting di internet telah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui webcam.  
*      File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol yang sering disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke / dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagi file. File tersebut bisa berupa hasil penelitian, artikel, jurnal, dll. FTP juga digunakan untuk meng-upload file situs (homepage), sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.    
*      Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. telnet apat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP address) dari computer yang akan diakses an kita juga harus mempunyai hak akses (user ID dan password) ke computer tersebut.   
*      Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya trbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.
*      Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan computer lain I internet. Pengecekan hubungan ini ilalukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Dari aplikasi-aplikasi yang ada di internet, maka sampai saat ini kegunaan internet yang dapat kita rasakan antara lain:
1.       Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi dengan cepat dan murah. Hal ini didapatkan dengan menggunakan aplikasi email, www, newsgroup, FTP, dan Gopher.
2.       Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi.
3.       Sebagai media promosi.
4.       Sarana komunikasi interaktif, seperti email, dukungn pelanggan dengan www, konferensi video, IRC, telepon via internet.
5.       Sarana penelitian dan pengembangan (Research and Development).
6.       Sarana untuk memperkuat data.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar